Burger Chiken

I.   Bahan burger bun:
250 g tepung terigu
15 g gula pasir
10 g susu bubuk
1/2 bungkus ragi instan
1 kuning telur
150 ml air es
1/4 sdt garam
15 g margarin

II.   Bahan olesan:
1 putih telur
III. Bahan taburan:
1 sdm wijen
IV.  Bahan isi:
150 g daging ayam giling
1 butir telur
3 sdm tepung terigu
1/4 buah bawang bombai, cincang halus
1 siung bawang putih, cincang halus
1 sdt garam
1/2 sdt merica bubuk
minyak untuk menggoreng
V.   Bahan pelapis:
1 putih telur
100 g tepung roti kasar
VI. Bahan pelengkap:
irisan tomat
daun selada
irisan mentimun
saus tomat
saus sambal

VII. Cara membuat:
  1. Burger bun: Campur tepung terigu, gula pasir, susu bubuk, dan ragi instan. Aduk rata. Masukkan kuning telur. Tuang air es sedikit demi sedikit sambil diuleni hingga kalis. Masukkan garam dan margarin, uleni kembali hingga elastis. Bagi adonan menjadi 5 bagian, bulatkan, diamkan selama 10 menit. Kempiskan, bentuk bulat pipih, letakkan adonan di dalam burger ring atau loyang bulat. Diamkan selama 45 menit. Oles dengan bahan olesan, taburkan wijen. Panggang selama 10 menit dengan suhu 170 derajat Celcius hingga matang.
  2. Isi: Aduk semua bahan isi kecuali minyak goreng, aduk rata. Bagi menjadi 5 bagian, bentuk bulat pipih, besarnya sesuaikan dengan lingkaran burger bun. Celup ke dalam putih telur, lalu gulingkan ke dalam tepung roti kasar. Panaskan minyak, goreng hingga matang dan berwarna kuning kecoklatan, angkat, tiriskan, sisihkan.
  3. Penyajian: Ambil sebuah burger bun, belah menjadi dua bagian. Oles bagian bawah burger bun dengan saus tomat, susun daun selada, irisan tomat, dan irisan mentimun. Letakkan satu bagian isi, tutup dengan bagian atas burger bun yang telah diolesi saus sambal. Sajikan.
Selamat mencoba dan Menikmati...!

Great : http://www.griyakuliner.com/